Proseding Senapati 2015

PENGARUH KUAT ARUS DAN JARAK NUGGET TERHADAP SIFAT MEKANIS BAJA SPCC PADA PENGELASAN TITIK SISTEM DOUBLE SHEET

I DM Pancarana , I Nyoman Budiartana

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sifa-sifat mekanis baja SPCC akibat pengaruh kuat arus dan jarak nugget pada proses las titik. Manfaat dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan parameter las titik yang optimal, yang diterapkan pada industri otomotif.
Pengujian meliputi, antara lain ; persiapan sample, proses pengelasan titik, pengukuran diameter jejak elektroda, pengujian tarik-geser,  pengujian metalografi, dan  pengujian kekerasan mikro hasil lasan. Sampel uji berupa lembaran baja karbon rendah SPCC yang dipotong berdasarkan standar dari International Institut of Welding (IIW).
Berdasarkan analisis hasil pengujian, dapat disimpulkan bahwa peningkatan arus akan mempengaruhi ukuran diameter jejak elektroda dan nugget yang terbentuk. Semakin besar arus yang digunakan, maka diameter jejak elektroda akan semakin besar. Semakin dekat dengan daerah nugget, maka nilai kekerasan akan semakin tinggi. Semakin besar arus yang digunakan, maka kekerasan semakin meningkat. Perbedaan jarak nugget juga mempengaruhi beban tarik-geser.
Terjadi perubahan mikrostruktur selama proses pengelasan dilakukan, terutama pada daerah HAZ dan nugget yang menyebabkan sifat mekanis material berubah. Semakin besar nugget dan jejak elektroda yang terbentuk, maka kekerasan dan kekuatan tarik-geser akan meningkat.

Kata kunci : kuat arus, jarak nugget, sifat mekanis, baja SPCC, las titik