Prodi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Utilitas Mekanikal Elektrikal Plumbing

Berdasarkan Keputusan Menteri Ristekdikti Nomor 257/M/KPT/2017 tentang Nama Program Studi pada Perguruan Tinggi, maka Prodi STr-TRU-MEP dapat diidentifikasi dengan nama dan jenjang program studi sebagai berikut:

  • Jenjang program studi sesuai level KKNI (Peraturan Presiden No.8 tahun 2012 tentang KKNI) adalah Jenjang 6 (Program Sarjana Terapan).
  • Jenis Program Studi adalah Vokasi
  • Rumpun ilmu (bidang keilmuan) program studi adalah rumpun ilmu Terapan
  • Program studi termasuk dalam kluster bidang ilmu Inter, Multi, Trans-Disiplin Terbaru.
  • Nama program studi dalam bahasa Indonesia: Teknologi Rekayasa Utilitas Mekanikal Elektrikal dan Plumbing
  • Memiliki dua konsentrasi: Konservasi dan Manajemen Energi Gedung dan SCADA dan Manajemen Utilitas MEP Gedung
  • Nama program    studi    dalam    Bahasa   Inggris:    Utilities    Engineering Technology atau lebih dikenal dengan Building Services Engineering
  • Gelar lulusan: S.Tr.T.

Adapun pendirian PS STr TRU-MEP sudah ditetapkan dengan Keputusan Menteri Ristekdikti No. 200/KPT/I/2018 tentang Izin Pembukaan Program Studi Teknologi Rekayasa Utilitas Program Sarjana Terapan di Politeknik Negeri Bali.
Pendidikan pada Program Studi Sarjana Terapan Teknologi Rekayasa Utilitas (Prodi STr TRU-MEP) Jurusan Teknik Mesin, Politeknik Negeri Bali mencakup disiplin ilmu teknik mekanikal dan elektrikal utilitas bangunan (Mechanical and Electrical Building Services) meliputi: HVAC (heating ventilating and air conditioning); Refrigerasi (Refrigeration); Pompa dan supplai air (pumps and cold/hot water supply); Sanitari dan air limbah (Sanitary and waste water systems); Transportasi bangunan (lift dan escalator); Elektrikal dan pembangkitan listrik (electricity and its generation); Pencahayaan (lighting system); Pemadam kebakaran (Fire Fighting system); Fire alarm (fire protection system); Telekomunikasi (Telephone, sound system, CCTV dan MATV); yang diperkuat dengan keunggulan potensi strategis lokal yang berpayung pada industri pariwisata dengan memanfaatkan teknologi informasi yaitu sistem otomasi dan kontrol bangunan (Building Automation and Control System, BACS) yang mengintegrasikan sistem mekanikal, elektrikal, plumbing (MEP) dan elektronika bangunan, energi berkelanjutan dan manajemen energi yang mendukung industri pariwisata dan pembangunan kepariwisataan nasional. Disiplin ilmu bidang rekayasa utilitas mempunyai cakupan aplikasi yang sangat luas yang meliputi berbagai sektor:

  • Sektor domestik: aplikasi di rumah tangga seperti sistem pemipaan air bersih, sanitari, refrigerator dan AC (air conditioning).
  • Sektor komersial: mall, supermarket, bandara, perkantoran, rumah sakit, bangunan pendidikan, konvensi, bangunan pertemuan, perbankan, warehouse dan restauran.
  • Sektor industri: perhotelan, transportasi, farmasi, industri kimia, industri perikanan, pengolahan pangan, industri manufaktur, industri informatika (data center).

Picture TRU ME 3
Profil lulusan Prodi STr TRU-MEP: sarjana teknik terapan dengan kemampuan menyelesaikan pekerjaan berlingkup luas pada bidang rekayasa utilitas dengan bidang kekhususan utilitas bangunan/gedung perhotelan, komersial dan industri, memiliki jiwa technopreneurship, mampu menjadi pengusaha, konsultan, manajer, dan asisten peneliti.

Sedangkan profesi atau karier lulusan program studi mencakup berbagai aktivitas pekerjaan pada bidang utilitas bangunan (Building Services) dengan level pekerjaan berikut: MEP (Mechanical, Electrical, and Plumbing) Engineers; Chief Engineers/Asistent Chief Engineers Gedung Komersial atau Hotel; Facility Manager Gedung; Kontraktor dan Konsultan Rekayasa Utilitas Bangunan; Technopreneur bidang rekayasa utilitas bangunan; Akademisi/asisten Peneliti di bidang rekayasa utilitas bangunan. Dengan potensi bidang kerja pada berbagai sektor antara lain: Industri retail dan food preservation; Perhotelan dan Cruise (kapal pesiar); Rumah sakit, Perbankan, perkantoran dan bangunan pemerintahan; Bangunan pertemuan dan konvensi; Perusahaan Konsultan Mekanikal dan Elektrikal Bangunan/Hotel; Kontraktor Mekanikal dan Elektrikal Bangunan/Hotel; Industri pengolahan pangan; Industri perikanan, manufaktur, farmasi, kimia, petrokimia, tekstil, dll; Data center dan Bandara (Airport); Bangunan Hemat Energi (Green Building).

Picture TRU ME 1

Visi

Menjadi program studi pendidikan tinggi vokasi penghasil sumber daya manusia professional, kompetitif dan berwawasan internasional dalam bidang Teknologi Rekayasa Utilitas Bangunan Gedung Perhotelan, Komersial dan Industri dengan berbasis teknologi berkelanjutan pada tahun 2025 ”.

Misi

Misi Prodi STr TRU-MEP dengan target utama yaitu peningkatan pelayanan pendidikan masyarakat, lulusan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta kerjasama industri sebagai berikut:

  1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi di bidang Teknologi Rekayasa Utilitas Bangunan Gedung Perhotelan, Komersial dan Industri yang dapat diakses secara merata dan berkesetaraan bagi masyarakat;
  2. Menyelenggarakan pendidikan vokasi bidang Teknologi Rekayasa Utilitas Bangunan Gedung Perhotelan, Komersial dan Industri berbasis teknologi berkelanjutan yang berkarakter kebangsaan dengan standar mutu nasional dan regional Asia-Pasifik;
  3. Melaksanakan penelitian dan pengembangan teknologi terapan bertaraf internasional pada bidang Teknologi Rekayasa Utilitas Bangunan Gedung Perhotelan, Komersial dan Industri yang diperkuat kerjasama antar institusi pemerintah maupun swasta, asosiasi profesi, industri dan masyarakat luas;
  4. Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat yang berlandaskan pada penerapan keilmuan bidang Teknologi Rekayasa Utilitas Bangunan Gedung Perhotelan, Komersial dan Industri dengan penguatan pada teknologi berkelanjutan;
  5. Menyelenggarakan kerjasama di bidang Teknologi Rekayasa Utilitas Bangunan Gedung Perhotelan, Komersial dan Industri di tingkat nasional dan di kawasan regional Asia-Pasifik;
  6. Mengembangkan sistem tata kelola yang inovatif, transparan, dan akuntabel didukung oleh sumber-sumber daya di tingkat program studi yang bertaraf internasional;
  7. Membangun keunggulan program studi yang berorientasi pada keunggulan lokal bidang.

 

Motto

Sustainability in Your Hands yang memiliki makna strategis bahwa lulusan akan mampu menerapkan teknologi keberlanjutan (teknologi hemat energi dan energi terbarukan) melalui praktek dan pengalaman kerja langsung (hands-on experience and practical work)

Kompetensi

Setiap lulusan Prodi STr TRU-MEP bidang kekhususan utilitas bangunan gedung perhotelan, komersial dan industri memiliki kompetensi: Lulusan mampu memenuhi kebutuhan tenaga ahli (engineers) sistem utilitas bangunan yang terampil, profesional dan inovatif dalam bidang konsultansi, penyusunan kontrak, komisioning, manajemen dan audit utilitas bangunan, supervisi dan monitoring perawatan dan operasional sistem utilitas, penelitian dan pengembangan; Lulusan mampu bekerja dengan diagram/gambar detil dan mampu menggunakan perangkat lunak bebasis CAD (AutoCAD, Inventor, MEP) dan BIM (Building information Modelling); Lulusan mampu memberikan saran kepada klien tentang prinsip-prinsip konservasi energi bangunan untuk mengurangi dampak lingkungan; Lulusan memiliki keterampilan personal yang luas seperti kemampuan berkomunikasi secara efektif, berfikir kritis dan memiliki kemampuan untuk belajar mandiri.

Picture TRU ME 2

FASILITAS AKADEMIK:

  • Ruang kelas yang cukup dan nyaman (ber-AC) serta dilengkapi peralatan dan media pembelajaran modern;.
  • Media pembelajaran mencakup buku ajar dan buku panduan praktek, texs book, white board, LCD projector, ruang multimedia;
  • Ruang diskusi di setiap lab, ruang belajar sendiri (self study room) yang modern nyaman serta fasilitas internet 24 jam dan sistem MIS  yang menjangkau semua ruang dan lab.
  • Didukung dengan keberadaan Lab dan bengkel kerja di antaranya: Bengkel Mekanik, Lab Tata Udara Dasar (AC), Lab Tata Udara Terapan; Lab Refrigerasi Dasar, Lab Refrigerasi Terapan (Frozen Food and Chilled Food Storages, dll);
  • Lab instrumentasi dan Kontrol (PLC, ADAPCOOL, Danfoss, dll);  dan Lab BAS (Building Automation System),
  • Lab. Utilities and Built Environment with Sustainable Energy
  • Lab. Komputer dan Desain Inovasi

KURIKULUM PRODI TRU-ME

Dikembangkan berdasarkan konsep dasar pendidikan vokasi berbasis “hands on skill” mengacu kepada CP (Capaian Pembelajaran) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT). Beban SKS Mata Kuliah Praktek sangat berimbang dengan Mata Kuliah Teori dengan total beban 146 SKS. Program pendidikan ditempuh dalam waktu 4 tahun atau 8 Semester.

Picture TRU ME 4

CONTACT PERSON PRODI TRU-ME

Informasi lebih lanjut tentang PST-TRU silakan menghubungi:

  1. I N. Suamir: +6281237594781 (WA) dan
  2. Wijaya Sunu: +6282146001588 (WA).

Pendaftaran  PRODI TRU-ME dilaksanakan melalui berbagai jalur penerimaan seperti dibawah berikut

  1. UMPN-Nasional (Ujian Masuk Politeknik Negeri) secara Nasional
  2. UMPN-Mandiri (Ujian Masuk Politeknik Negeri) secara Mandiri

Informasi penerimaan mahasiswa dapat diakses pada halaman website www.pnb.ac.id

UNDUH BROSUR PRODI PS-TRU ME

#TeknikMesinPNB
#TeknologiRekayasaUtilitas
#TRU_ME
#Mekanikal_Elektrikal
#SarjanaTerapan
#MesinPoltekBali
#BuildingManager