D3 Teknik Pendingin & Tata Udara

Visi

Menjadi program studi yang menghasilkan tenaga professional, kompetitif dan berwawasan internasional dalam bidang teknik pendingin dan penerapan teknologi berkelanjutan

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan yang berkualitas berbasis pada kerangka kualifikasi nasional Indonesia bagi mahasiswa yang ingin terampil, profesional dan berwawasan internasional.
2. Menghasilkan sumber daya manusia profesional yang menjunjung tinggi etika dan profesi di bidang Teknik Pendingin dan Tata Udara.
3. Melaksanakan penelitian dan pengembangan teknologi terapan di bidang Teknik Pendingin dan Tata Udara dan teknologi berkelanjutan yang diperkuat kerjasama antar institusi pemerintah maupun swasta, asosiasi profesi, industri dan masyarakat luas.
4. Membangun tim kerja/peneliti yang kuat dalam suasana akademik yang kondusif dan lingkungan kerja yang harmonis.
5. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan hasil penelitian dan kajian bidang Teknik Pendingin dan Tata Udara serta teknologi berkelanjutan

  • Proses pembelajaran didukung dengan fasilitas seperti :
    • Ruang kuliah
    • Lab. Refrigerasi Dasar
    • Lab. Refrigerasi Lanjut
    • Lab. Tata Udara Dasar
    • Lab. Tata Udara Lanjut
    • Lab. Kontrol Otomasi
    • Lab. BAS (Building Automation System)
    • Lab. Komputer
    D3-TPTU-FISILTAS2
  • Hasil pembelajaran jenjang D3 (Level 5 - KKNI) program studi Teknik Pendingin dan Tata Udara berdasarkan deskripsi capaian pembelajaran berbasis KKNI yang mencakup: sikap dan tata nilai, keterampilan kerja, penguasaan pengetahuan, kewenangan dan tanggung jawab dapat dijabarkan sebagai berikut:
    NO CAPAIAN PEMBELAJARAN
    1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    2 Memiliki moral dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya
    3 Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
    4 Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya td>
    5 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain td>
    6 Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
    7 Mampu mengidentifikasi, menganalisa, memilih dan menerapkan sains rekayasa, teknologi rekayasa dan teknologi informasi untuk menyelesaikan permasalahan teknologi rekayasa dalam lingkup luas dengan mempertimbangkan faktor kinerja dan batasan.
    8 Mampu memilih dan menerapkan pengetahuan, teknik, keahlian, perangkat modern dan metode yang tepat pada bidang teknologi rekayasa refrigerasi, HVAC dan sistem utilitas gedung/hotel serta menunjukkan kinerja dengan mutu dan kuantitas yang terukur dalam konteks aplikasi yang luas mencakup pelaksanaan, pengelolaan dan koordinasi pekerjaan instalasi, perawatan, perbaikan dan operasional.
    9 Mampu merancang komponen dan sistem RHVAC untuk memenuhi kebutuhan standar dan spesifik dalam batasan riil serta menerapkan pengetahuan dan pema-haman aplikatifnya untuk merealisasikan hasil rancang-an pada sektor domestik, komersial dan industri.
    10 Mampu mengembangkan kewirausahaan (technopre-neurship) dalam bidang refrigerasi, HVAC dan utilitas gedung serta mampu bekerja secara aman dan efisien.
    11 Memiliki pengetahuan dan pemahaman ilmu matema-tika, sains dasar, sains rekayasa dan teknologi informasi untuk menyelesaikan permasalahan prosedural bidang rekayasa.
    12 Mampu berpikir multidimensi dan sistematik terhadap aspek dan konsep penting bidang teknologi rekayasa dan informasi pada aplikasi sistem refrigerasi, HVAC dan rekayasa fasilitas gedung/hotel.
    13 Mampu menguasai pengetahuan dan teknologi rekayasa dalam mengakomodasi perkembangan teknologi baru yang relevan dengan bidang refrigerasi, HVAC dan uti-litas gedung/hotel.
    14 Mampu mengelola dan mengevaluasi kelompok kerja perawatan, perbaikan dan operasional bidang teknik pendingin, HVAC dan utilitas gedung/hotel berdasarkan analisis data dan informasi.
    15

    Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja yang positif dan produktif dengan rekan kerja, atasan dan bawahan di dalam kelompok kerja serta memiliki komitmen yang kuat kepada etika dan tanggung jawab profesi.

    16

    Mampu mengelola dan menjaga kualitas pelayanan atau hasil kerja sesuai dengan standard prosedur yang berlaku.

    17

    Mampu berkomunikasi dengan efektif secara lisan mau-pun tulisan dan mampu melaporkan hasil kerja/karya secara tertulis dan komprehensif.

  • profil lulusan berdasarkan kebutuhan industri terkini dan pengembangan kurikulum Pendidikan Tinggi yang berbasis KKNI dengan jenjang kualifikasi 5 menetapan profil lulusan difokuskan pada pemenuhan kebutuhan industri dan sasaran profesi dan/atau tempat kerja yang akan didapat atau dilakukan mahasiswa setelah menamatkan perkuliahan yakni 4 kualifikasi pekerjaan lulusan dengan level jabatan teknisi atau analis pada bidang pendingin dan tata udara serta perawatan dan perbaikan utilitas gedung/hotel sebagai berikut:
    1. Instruktur (pekerjaan di bidang akademik)
    2. Supervisor
    3. Teknisi ahli
    4. Techno-preuner
    Pendidikan pada Program Studi Teknik Pendingin dan Tata Udara (PS-TPTU) Jurusan Teknik Mesin Politeknik Negeri Bali mencakup disiplin ilmu teknik pendingin (refrigeration) dan ilmu pengkondisian udara yang terdiri atas heating, ventilating dan air conditioning yang sering disingkat RHVAC. Materi keilmuan dan keterampilan diperkuat dengan keunggulan lokal yaitu utilitas gedung dan perhotelan.