D3 Teknik Mesin

Visi

Menjadi Program Studi yang menghasilkan sumber daya manusia profesional, kompetitif dan berwawasan internasional di bidang Teknik Perawatan-Perbaikan Otomotif dan Mesin Industri

Misi

1. Menyelenggarakan pendidikan vokasi berbasis pada kerangka kualifikasi nasional Indonesia dan berwawasan internasional.
2. Menghasilkan tenaga profesional yang menjunjung tinggi etika dan profesi di bidang teknik Perawatan-Perbaikan Otomotif Dan Mesin Industri dengan sektor pariwisata sebagai arah pengembangan.
3. Melaksanakan penelitian dan pengembangan teknologi terapan di bidang teknik Perawatan-Perbaikan Otomotif Dan Mesin Industri yang diperkuat kerjasama antar institusi pemerintah maupun swasta, asosiasi profesi, industri dan masyarakat luas.
4. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan menerapkan hasil penelitian dan kajian bidang Teknik Perawatan-Perbaikan Otomotif dan Mesin Industri
5. Mewujudkan lingkungan dan hubungan kerja harmonis dalam suasana atmosfer akademik yang kondusif.

  • Proses pembelajaran didukung dengan fasilitas seperti :
    • Ruang kuliah
    • Lab. Mekanik
    • Lab. Otomotif
    • Lab. Pneumatik-Hidrolik
    • Lab. Uji Bahan (Material)
    • Lab. Komputer
    • Lab. Kontrol Otomasi
    D3-TEKNIK-MESIN-FISILTAS2
  • Hasil pembelajaran jenjang D3 (Level 5 - KKNI) program studi Diploma 3 Teknik Mesin dengan bidang keahlian “Teknik Perawatan -Perbaikan Otomotif dan Mesin Industri” berdasarkan deskripsi capaian pembelajaran berbasis KKNI yang mencakup: sikap dan tata nilai, keterampilan kerja, penguasaan pengetahuan, kewenangan dan tanggung jawab dapat dijabarkan sebagai berikut:
    NO CAPAIAN PEMBELAJARAN
    1 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
    2 Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik di dalam menyelesaikan tugasnya, dan memiliki komitmen dalam menjaga dan menjalankan etika profesi, serta berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia
    3 Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial dan kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya
    4 Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan original orang lain.
    5 Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
    6 Mampu bekerja secara aman, memahami serta mampu menerapkan kaidah-kaidah K3.dan mampu mengoperasikan mesin-mesin perkakas konvensional dan  pengelasan untuk membuat atau memodifikasi komponen dalam upaya perawatan dan perbaikan mesin.
    7 Mampu melakukan, mengkoordinasikan, mengelola pekerjaan perawatan dan perbaikan engine atau mesin-mesin otomotif khususnya kendaraan ringan dan sepeda motor dan mampu menerapkan aktivitas perawatan dan perbaikan berkesinambungan terhadap teknologi konvensional maupun teknologi numerik, serta mampu menentukan spesifikasi komponen/elemen mesin, melakukan modifikasi komponen guna mengembalikan fungsi alat dan atau mesin.
    8 Mampu melakukan, mengkoordinasikan dan mengelola pekerjaan instalasi, perawatan-perbaikan mesin-mesin konversi energi : Pompa, Kompressor, Generator Set, Pompa Kalor, Boiler, Fuel Cell, Solar Foto Voltaich, Mesin-mesin Pendingin dan Tata Udara
    9 Mampu melakukan, mengkoordinasikan dan mengelola pekerjaan instalasi, perawatan dan perbaikan sistem Hidrolik dan Pneumatik, serta mampu melakukan perancangan alat bantu kerja dalam bentuk teknologi tepat guna untuk menyelesaikan permasalahan dalam proses kerja perawatan dan perbaikan mesin
    10 Mampu membangun atau merencanakan sistem perawatan yg meliputi sistem perawatan preventif, prediktif, korektif dan produktif serta mampu merencanakan aktivitas perawatan berbasis IT  terhadap peralatan mekanis atau mesin-mesin secara terstruktur, efektif dan efisien.
    11 Mampu mengembangkan konsep kewirausahaan/ Technopreneurship dalam bidang teknik mesin untuk menghasilkan nilai tambah dan inovasi
    12 Mampu menerapkan ilmu-ilmu dasar kerekayasaan untuk mengidentifikasi dan memilih metode penyelesaian permasalahan prosedural di bidang teknik mesin dan mampu menyelesaikan permasalahan matematika teknik pada penerapan bidang teknik mesin
    13 Mampu menggambar teknik dan gambar mesin secara manual maupun berbasis CAD, merancang, mensimulasikan dan membaca gambar-gambar mesin.
    14 Mampu menerapkan hukum termodinamika dan konsep dasar kalor, energi dan kerja untuk mengidentifikasi dan memilah siklus mesin-mesin kalor
    15

    Mampu menjelaskan prinsip kerja mesin-mesin konversi energi serta aplikasi maupun teknik perawatanya di industri.

    16

    Mampu menjelaskan prinsip kerja mesin-mesin perkakas konvensional, pengelasan serta aplikasinya

    17

    Mampu memahami dan menjelaskan rangkaian listrik pada mesin-mesin listrik dan sistem kontrolnya.

    18

    Mampu mendeskripsikan operasional mesin dalam bahasa Inggris dengan efektif, baik dan benar, secara lisan maupun tulisan.

    19

    Mampu berkomunikasi dengan efektif, baik dan benar, secara lisan maupun tulisan, dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.

    20

    Mampu menyusun laporan teknik dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dengan baik dan benar menurut kaidah laporan kerja dan laporan ilmiah.

    21

    Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja yang positif dan produktif dengan rekan kerja, atasan dan bawahan di dalam kelompok kerja (team work).

    22

    Mampu mengelola dan menjaga kualitas pelayanan atau hasil kerja sesuai dengan standard prosedur yang berlaku.

  • Profil Lulusan hasil disesuaikan dengan dasar hukum pengembangan kurikulum Pendidikan Tinggi yang berbasis KKNI dengan jenjang kualifikasi 5. Penetapan profil lulusan difokuskan pada pemenuhan kebutuhan industri dan sasaran profesi dan/atau tempat kerja yang akan didapat atau dilakukan mahasiswa setelah menamatkan perkuliahan. Adapun kualifikasi pekerjaan lulusan yang dapat diraih dengan level jabatan teknisi atau analis pada bidang keahlian Perawatan-Perbaikan Otomotif dan Mesin Industri sebagai berikut:
    1. Teknisi Ahli Perawatan-Perbaikan Otomotif dan Mesin Industri yang terampil, handal memiliki sikap kerja profesional.
    2. Supervisor bidang perawatan-perbaikan otomotif dan mesin industri.
    3. Instruktur bidang perawatan-perbaikan otomotif dan mesin industri.
    4. Perencana Produk Engineering
    5. Technopreneur