03
MAR
2017

FORUM ILMIAH 1 PRODI TPTU TAHUN 2017

Pembukaan Forum Ilmiah ke-1 TPTU oleh PIC Bp. I Nyoman Suamir

Pembukaan Forum Ilmiah ke-1 TPTU oleh PIC Bp. I Nyoman Suamir

Seperti pada tahhun-tahun sebelumnya, Prodi Teknik Pendingin dan Tata Udara (TPTU)-JTM kembali menggelar forum ilmiah.  Forum pertama di tahun 2017 ini diadakan pada hari Kamis, 2 Maret 2017 mulai pukul 09.00 WITA. Dihadiri oleh staf pendidik dan kependidikan di lingkungan Prodi TPTU, acara kegiatan forum ilmiah mencakup:

  1. Pengantar/pengarahan dari PIC kegiatan,  Bp. I Nyoman Suamir, S.T., M.Sc., PhD.
  2. Proses pembelajaran, pembagian tugas mengajar dan kurikulum yang diterapkan untuk semester genap TA 2016/2017, oleh Ketua Prodi TPTU Dr. Ir. I Made Rasta, M.Si.
  3. Penelitian Dosen dan Potensi Publikasi Ilmiah, oleh Sekretaris P3M-PNB I D.M. Cipta Santosa, S.T., M.Sc, PhD.
  4. Diskusi dan info tentang Strategic Service Unit (SSU)

Pada pengantar dan pengarahan PIC kegiatan, Bp, I Nyoman Suamir menekankan bahwa topik utama forum kali ini adalah mendorong pertisipasi aktif tenaga pendidik dalam penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dalam upaya peningkatan kualitas dan kuantitas penelitian dan pengabdian Prodi TPTU. Dalam kesempatan itu pula disampaikan informasi kegiatan yang akan dilaksanakan Prodi, antara lain Workshop HE Modelling Training yang merupakan kerjasama dengan Kementerian Lingkungan HIdup serta pelatihan internal Prodi untuk peningkatan skill tenaga pendidik yang akan dilaksanakan pada bulan Maret. Program AMM Batch 3 akan dimulai pada bulan April dan Pelatihan AC bagi teknisi ACE-BAli akan dilaksanakan pada bulan Mei. Yang tidak kalah pentingnya adalah kegiatan Pelatihan Kompetensi dari Industri untuk Mahasiswa akan dilaksanakan pada bulan Agustus hingga September.

Sesi kedua Ketua Prodi memberikan pengarahan tentang penugasan pengajaran staf untuk TA Genap 2016/2017. Kurikulum yang berlaku saat ini di Prodi TPTU ada dua versi, yaitu kurikulum KKNI yang disesuaikan dengan rambu-rambu SNPT diterapkan mulai Tahun Ajaran 2016/2017 sedangkan pembelajaran bagi Angkatan sebelumnya masih menggunakan kurikulum KKNI 2014. Pada sesi ini didiskusikan pula tentang pelaksanaan praktek/praktikum di bengkel dan laboratorium, ketersediaan jobsheet serta log-book mahasiswa.  Tenaga pendidik diharapkan lebih berkomitmen untuk meningkatkan kedisiplinan dalam penyelenggaraan PBM sesuai dengan Pedoman Akademik PNB. Disiplin waktu, kepatuhan terhadap tata-tertib praktek dan praktikum serta etika profesional adalah beberapa hal yang harus selalu ditumbuhkembangkan oleh peserta didik selama mengikuti perkuliahan.

Antusiasme staf TPTU mengikuti paparan dari Kaprodi, Bp. I Made Rasta

Antusiasme staf TPTU mengikuti paparan dari Kaprodi, Bp. I Made Rasta


Pada sesi Penelitian Dosen dan Potensi Publikasi Ilmiah 
Bapak I D.M. Cipta Santosa mensosialisasikan dana hibah penelitian yang dikelola P3M-PNB pada tahun 2017 melalui anggaran DIPA, yaitu:

  1. Institusional : 30 juta tersedia anggaran utk 12 judul, 2 judul per Jurusan mengacu ke pedoman Hibah Unggulan Institusi, Buku X 2016 RISTEKDIKTI.
  2. Dosen Muda reguler: 15 juta/judul tersedia 21 judul mengacu pedoman Hibah Dosen Pemula Buku X 2016 RISTEKDIKTI.
  3. Unggulan 25 juta/judul tersedia anggaran 36 judul, mengacu pedoman Hibah PPT atau Fundamental Buku X 2016 RISTEKDIKTI.

Mulai tahun 2017 pengajuan proposal dilakukan secara daring melalui simlitabmas.pnb.ac.id, sebuah terobosan baru yang dari P3M-PNB. Juga disosialisassikan ttg perubahan skim penelitian Hibah RISTEKDIKTI yang akan diatur buku pedoman baru buku XI. Dengan peluncuran situs web SINTA oleh Menristekdikti pada bulan Februari 2017, maka jurnal rancang bangun LOGIC yang dimiliki PNB berpotensi terAkreditasi nasional sehingga diharapkan mampu memamcu motivasi staf untuk menghasilkan artikel ilmiah yang berkualitas. 

Forum Ilmiah 1 ditutup sekitar pukul 12.00 WITA dengan acara makan siang bersama dengan harapan kebersamaan civitas akademik Prodi dapat lebih memperkuat eksistensi Prodi di tahun-tahun mendatang.

 

-admin03-